Sunday 27 September 2015

Gugur Bunga...... alias Keguguran

Haaaiii Semuaaa!

Ga kerasa udah 9 bulan gue gak ngepost sama sekali. Selain disibukan dengan rutinitas kantor, urusan pribadi, gue juga sedang HAMIL! iya Hamil..iya Alhamdulillah gue sekarang lagi hamil. Loh terus kenapa judulnya "Gugur Bunga"? iya, ini adalah kehamilan gue yang kedua, karena kehamilan gue yang pertama di bulan Desember 2014 itu harus gugur.. Alhamdulillah Allah sangat berbaik hati kepada gue dan suami sehingga 2 bulan kemudian gue dikasih amanah lagi untuk membesarkan titipanNya di rahim gue. Gak kerasa sekarang usia kandungan gue udah 35 minggu.

Untuk postingan kali ini, gue belum akan menceritakan tentang kehamilan gue which is the most amazing miracle from God that ever happen to me after my 2 years marriage :'). Kali ini gue akan memposting cerita gimana keguguran di kehamilan pertama gue bisa terjadi, kali aja bisa membantu perempuan-perempuan lain untuk lebih waspada.

Jadi, semuanya berawal di bulan Desember 2014, tepatnya tanggal 16 Desember. Hari itu gue kerja seperti biasa di kantor. Ga ada yang spesial, cuma yang agak aneh gue merasa Ms V gue sakit. Gue pikir, 'ah palingan kebanyakan jalan', atau efek berhubungan semalam hehehe malam sebelumnya memang gue dan suami berhubungan (jujur amat Buuu? gapapa demi pembelajaran ke orang lain meskipun yang baca blog gue dikit). Gue cuekin aja tuh rasa sakit di Ms V sampai sekitar habis makan siang, gue melihat ada bercak darah di celana dalam gue. Gue pikir, 'wah gue dapet'. Gue saat itu anteng2 aja meskipun kondisinya saat itu gue memang sudah terlambat haid 1 minggu lebih. Biasanya memang siklus haid gue mundur 1 mingguan plus sepanjang gue menikah 2 tahun ini, gue sudah cukup sering di PHP in sama terlambat datang bulan.

Anehnya, yang biasanya kalau haid hari pertama itu gue merasakan pegal-pegal di pinggul, tapi hari itu ngga sama sekali. Bahkan gue sampe shalat Ashar karena ga merasa kalau lagi halangan. Lanjut ke malam harinya, nah disini gue merasa mulai sakit perut mules. Awalnya mules kaya lagi haid biasa, tapi kok jadi ga bisa tidur saking sakitnya. Alhasil pas gue ke toilet gue melihat darah yang banyak bgt di pembalut (maaf ya jorok). Gue terus ga bisa tidur sampe jam 2 pagi karena kesakitan itu. Paginya saat gue mencuci pembalut, gue menemukan adanya gumpalan kecil yang gak luruh kalau dicuci. Mulai curiga lah gue. Gumpalan tsb gue masukan ke wadah plastik kecil dan gue simpen di freezer (jorok yaaa.. duh) dan kasih tau suami. Abis itu gue ngantor lagi karena perut gue udah gak sakit lagi walaupun darah tetap keluar.

Sorenya, gue dan suami sepakat untuk ke Obgyn di RSB Duren Tiga untuk memeriksakan kondisi gue dan gumpalan tadi. Daftar di Dr. dr. Junita Indarti, SpOG karena suami keukeuh harus ke dokter cewe. Ok Bos.. :D. Didalam, gue kurang sreg karena suami ga boleh liat USGnya.. baru boleh masuk setelah selesai USG. Dari hasil pemeriksaan dokter, katanya gak ada sisa-sisa jaringan di rahim gue yang berarti kalaupun gue keguguran gak perlu di kuret. Tapi untuk memastikan apakah gue keguguran atau ngga si gumpalan tadi harus di cek lab. Jadi ini penting yaaa.. menurut Dr Junita, banyak ibu yang mau cek dia keguguran atau ngga, tapi begitu ditanya apakah ada gumpalan yang keluar, jawabnya pasti sudah di flush di toilet atau dibuang. Jadi dokternya gak punya evidence yang kuat. Gue sampe dipuji 'aduh Ibu pinter yaa..gumpalannya disimpan' kan gue jadi enak. hehehehe...
So back to the topic, plis plis plis plissss.. kalo nemuin gumpalan yang keluar dari Ms V seperti darah tapi padat dan gak luruh begitu dicuci, jangan dibuang yaaa.. itu adalah BarBuk alias barang bukti yang menentukan apakah kita keguguran atau tidak. Ok, abis itu gue dan suami disuruh balik lg seminggu kemudian untuk ngambil hasil lab si gumpalan itu.

Seminggu itu terasa beraaatt banget buat gue. Gue selalu merasa bersalah dan sedih dan marah ke diri gue sendiri. Padahal suami selalu berusaha untuk menenangkan gue, tapi tetep aja gak bisa. Sampai suatu hari gue nekat beli test pack, dan setelah dipakai hasilnya POSITIF! dengan dua garis yang terang (maaf yaa ga ada fotonya, karena sedih banget waktu itu). Makin broken heart lah gue saat itu. Perasaan bersalah dan gagal menjadi seorang ibu terus menghantui gue. Suami bilang 'gapapa, mungkin itu cuma hormonnya aja, kan belum tentu keguguran sampai hasil lab nya selesai'. Tapi tetap aja ga membuat kondisi psikis gue membaik. Dimana-mana gue bisa nangis. Di angkot bisa nangis sampe diliatin ibu-ibu di angkot, di kantor lagi kerja bisa tiba-tiba nangis, sampe lagi pipis pun bisa nangis. Rasanya penantian gue selama hampir dua tahun pernikahan hancur begitu aja akibat keteledoran gue yang gue bahkan juga ga tau apa keteledoran yang gue lakuin.

Akhirnya seminggu pun berlalu dan gue udah pasrah kalau memang gue keguguran. Dokter Junita menyatakan kalau memang betul gumpalan tsb adalah calon janin yang luruh. Jadi resmi lah gue keguguran. Dokter bilang penyebabnya bisa banyak. Salah satunya adalah infeksi TORCH. Jadi beliau menyarankan gue untuk tes TORCH. Penyebab lainnya bisa jadi adalah gen gue dan suami ga cocok, jadi tidak memungkinkan terjadinya pembuahan (duh amit-amit ya). Tapi di dalam hati gue mengira-ngira penyebabnya, yaitu gue berhubungan badan dengan suami tepat 1 hari sebelum insiden gumpalan tsb keluar. Itu juga bisa menjadi penyebab, mengingat kalau orang hamil muda pasti dilarang berhubungan dulu. Tapi gue males nanya ke dokternya. Mungkin karena gue terlalu broken heart saat itu. Sepanjang jalan pulang gue diem aja, sampai suami bingung dia harus gimana. Akhirnya dia bilang 'Gapapa sayang, mungkin memang belum waktunya. Nanti pasti diganti kok saat kita udah siap'. Mungkin gue lagi emosional atau gimana, gue langsung nangis sekenceng-kencengnya. Baru kali ini gue ngerasa segagal ini, lebih gagal dibanding ngeliat gebetan jadian sama cewe lain (cetek amat sih? haha). Gue ngerasa bodoh banget, kenapa gue gak rutin test pack begitu telat beberapa hari? Kenapa gue seteledor itu untuk gak test pack? kenapa gue semalas itu untuk pakai test pack? seberapa mahal sih test pack? sesedih apa sih kalo emang hasilnya negatif lagi untuk kesekian kalinya???! Pertanyaan-pertanyaan menyudutkan diri sendiri itu terus keulang-ulang di kepala gue. Terus kaya gt sampe beberapa hari. Sampai suatu saat gue berhasil sedikit move on dan mengambil pelajaran dari peristiwa ini.

Jadiii.. pelajaran untuk perempuan-perempuan di luar sana biar gak sedih kaya gue...nih yaaa:

1. Rutin test pack kalau udah telat beberapa hari, jangan nunggu telat 1 minggu
2. Kalau udah terlambat haid, jangan berhubungan intim dulu sebelum jelas
3. Perhatikan saat mencuci pembalut, apakah ada gumpalan yang keluar, dan apakah gumpalan tsb larut setelah dicuci? Kalau tidak larut, jangan dibuang. Simpan dan periksakan ke dokter.

Semoga cerita yang gue posting ini berguna dan bisa diambil pelajarannya untuk kita semua yaaa :)

Stay happy,

Blau Woman

No comments:

Post a Comment