Monday 28 September 2015

Review Kamar dan Biaya Melahirkan: RSIA YPK Mandiri Menteng

Hallooo lagiii..

Gatau kenapa hari ini semangat gue nulis lagi kenceng-kencengnya. Jadi yaudah deh, lanjut posting lagi. Kali ini gue mau posting mengenai searching Rumah Sakit untuk lahiran gue nanti. Karena sekarang gue lagi kontrol di YPK, maka sekalian aja gue liat-liat biaya plus kamar-kamarnya. Berikut sedikit reviewnya.

Gue dan Ocho memulai review dari bagian informasi YPK. Disana kami diberitahu bahwa untuk di YPK tidak diberlakukan booking kamar. Jadi pada saat udah dekat mau melahirkan, ya saat itu baru bisa masuk kamar. Fair enough menurut kami. Setelah itu kami diberikan list perkiraan biaya melahirkan berdasarkan kelas kamar dan jenis tindakan yang dilakukan. Berikut hasil jepretan kamera gue:

Harga ini diluar biaya laboratorium, tambahan obat dan tambahan alat kesehatan yaa :)

Kalau dibandingkan dengan rumah sakit terkenal lainnya seperti RSPI, RSPP, KMC, Brawijaya, RSIA Bunda dll yang gue baca pricelist nya di blog-blog, kayanya si RS YPK ini tergolong terjangkau ya...Ok, setelah liat harga, gue juga mau tau dong kualitas kamarnya kaya gimana..

Nah, kamar yang berhasil gue liat-liat adalah Anggrek (Kelas I utama) dan Aster (VIP). Untuk VVIP kayanya gak cukup di kantong, sedangkan yang Mawar karena cuma ada 3 kamar dan penuh semua, jadi kami ga bisa liat-liat deh. Oh iya, kami berdua lupa nanya ke susternya apakah kelas Mawar bayinya bisa room in atau ngga. Yang jelas kalau Anggrek dan Aster bisa room in. Sebenernya kriteria gue dan suami untuk kamar melahirkan sih ga muluk-muluk amat. Yang penting sendirian sekamar, bayi bisa masuk kamar bareng ibunya, bapaknya bisa nungguin dan yang pasti kamarnya bersih (ternyata banyak ya? hehe).

Oke tanpa banyak cing cong lagi, berikut adalah kamar-kamar di YPK untuk kelas Anggrek dan Aster.

Kelas Anggrek: 

Ini adalah ruangan kelas 1 utamanya YPK, ada di lantai 2 gedung lama.

Ruang Tunggu (lumayan luas dan konsep open air, jadi ga pengap):

 Kamar Mandi:

Tempat tidur:

Kursi tamu (bisa jadi tempat tidur bapaknya):


Kulkas dan wastafel:



Kelas Aster:

Nah kalau ini adalah kes VIP nya YPK, terletak di gedung baru lantai 2. Jadi kondisinya jelas lebih kinclong dari yang gedung lama dong...

Kamar Mandi:

Ruang Tunggu (as you can see, ada di koridor yang menurut gue agak sempit):

Tempat tidur dan sofa (yang diujung itu):
Jelas lah kamar ini lebih lega dibanding kelas anggrek yaa...dan juga lebih kinclong karena di gedung baru.

Wastafel (wah ada gue. penting banget):

Gimana?
kalo diliat-liat emang jelas bagusan yang VIP lah yaaa..secara lebih luas, lebih baru. Tapi kelas Anggrek menurut gue dan Ocho sih cukup banget..apalagi ruang tunggunya ga sempit, jadi kalo gue lagi nyusuin, tamu yang cowo bisa nunggu di luar dengan nyaman. Kalo di Aster sama aja sih, walaupun ruang tunggunya sempit dan yang jenguk lebih enak nunggu di dalem karena luas, tapi kan bisa ditutup gorden tempat tidur. hehehe.
So far gue dan Ocho merasa total perkiraan harga yang akan dibayar dengan kamar dan fasilitas yang didapat cukup make sense.

Anyway, semuanya kembali lagi ke kebutuhan gue dan Ocho dan budget kita. Sekarang sih masih menimbang-nimbang..hehehe (dasar calon ortu perhitungan).
Mudah-mudahan sedikit review tadi bisa membantu bagi yang sedang galau mau lahiran di YPK atau ngga. hehehe.

Oh iya, suster disana memang helpful loh.. sabar banget ngejawabin pertanyaan2 gue dan Ocho yang kadang-kadang ngga penting. Kaya nanya "nanti yang nungguin bisa berapa orang?"(menurut lo? mau bawa orang seRW?) "jam nyusuin itu jam berapa aja ya?" (nah loh, disangka lagi pesantren kilat ada jam-jam nya) hahahaha. Tapi walaupun kita udah nanya banyak, kok ya masih ada aja yg kurang. Mungkin nanti gue dan Ocho akan visit kamar-kamar lagi sekalian nanya2 lagi. Nanti di update yaaaa. :)

ps: kalau yang mau telpon RSIA YPK bisa di: 0213909725 yaa :)

(review diatas belum termasuk dengan foodcourt seberang RS yang enaaakk..hehehe)

Stay happy,

Blau Woman.

3 comments:

  1. Halo Mba,,,,

    Mau tanya dong, mba di pegang oleh Dr. siapa?
    Untuk konsultasi disana mahal ga ya?

    Terima kasih.

    Salam Ajeng

    ReplyDelete
  2. Halo Mba,,,,

    Mau tanya dong, mba di pegang oleh Dr. siapa?
    Untuk konsultasi disana mahal ga ya?

    Terima kasih.

    Salam Ajeng

    ReplyDelete
  3. Hi,

    soo sorryy, it took super longtime to reply.
    aku dulu dipegang oleh dr Diah di RSIA YPK. Tp pada saat melahirkan dipegang oleh dr Ratna (krn dr Diah sedang berhalangan).

    untuk konsultasi sekitar 200 rb kalau tidak salah ya..tapi itu di tahun 2015 -2016.

    semoga membantu. :)

    ReplyDelete